Senin, 09 Maret 2015

Memoar Yang Bikin Jadi Betah Dirumah



Dari The Extreme Journey, Akan Saya Buat Sebuah Pameran !
Menjelajahi setiap pelosok negeri Indonesia yang terkenal eksotis sudahlah pasti menjadi ketertarikan sendiri pada setiap orang maka dari itu setiap orang mulai melakukan aktivitas perjalanan dan berlomba untuk menemukan surga mereka sendiri. Apabila diibaratkan Indonesia adalah sebuah komplek rumah susun yang sangat beragam dan kita akan menemukan cerita yang berbeda dari setiap sudutnya. Sama seperti rumah susun yang menurut saya sangat eksotis, sebuah perbedaan di Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku dan etnis menjadi sangat menarik kerena hidup serasi didalamnya dibawah satu atap yang sama. Hal ini yang banyak dilirik oleh dunia keserasian hidup berdampingan di Indonesia, maka dari itu banyak orang yang mulai melakukan perjalanan dan berwisata entah itu menjelajah daerah-daerah dan mempelajari budayanya atau melakukan perjalanan menjelajah alam Indonesia seakan tidak ada habisnya.
Tapi ternyata sebuah perjalanan tidak hanya dapat dimaknai sebagai ajang pamer foto saja, kita pergi – makan – lalu pulang sebuah perjalanan harus dimaknai lebih daripada itu semua. Pernah saya membaca sebuah kutipan yang kira-kira isinya ‘ Aku akan menjadi immortal, itu alasan mengapa aku menulis ‘  sama seperti seorang Christopher Colombus yang melakukan perjalanan menemukan ‘Dunia Baru’ ia menulis begitu detail setiap hal yang ia temukan dalam misi tersebut, itu mengapa perjalanan Colombus begitu sangat terkenal dibandingkan dengan perjalanan penjelajah lainnya dan memang benar Colombus menjadi immortal sampai hari ini, catatan perjalanannya tidak pernah mati.
Seorang Pam Longobardi pun begitu menginspirasi saya, ia memaknai setiap perjalanannya menyusuri Semenanjung Kenai, Alaska dan Taman Nasional Katmai untuk mengumpulkan sampah plastik yang dibawa oleh arus berputar di Samudra Pasifik bagian utara, selain ilmuwan ia juga seorang seniman. Sampah-sampah plastik yang kebanyakan berupa mainan plastik itu  ia kumpulkan selama perjalanan untuk diidentifikasi dan dijadikan sebuah karya seni. ( www.pamlongobardi.com )
Maka dari itu kenapa saya layak menjadi bagian The Extreme Journey untuk menjelajahi kekayaan Indonesia, karena selain memiliki pengalaman yang sangat berharga perjalanan saya nantinya akan menghasilkan dokumentasi catatan perjalanan, juga saya akan mengadaptasi hal yang seperti Pam Longobardi lakukan untuk mengumpulkan benda temuan saya di perjalanan yang akan dibuat menjadi sebuah instalasi seni dan pameran seni perjalanan sebagai hasil akhir dari perjalanan saya nantinya, pameran akan terdiri dari dokumentasi perjalanan yang berupa foto, catatan perjalanan dan tentunya akan memajang barang yang ditemukan di perjalanan. Barang yang ditemukan diperjalanan bisa termasuk apa saja, bisa jadi barang yang menurut kebanyakan orang dinilai telah hilang fungsinya atau mungkin tidak berarti apa-apa contoh kecilnya sebuah potongan tiket transportasi, tutup botol atau bahkan sisa kulit kerang yang sering kita temukan dipantai terkadang hal sekecil itu yang kita sering lewatkan begitu saja. Tujuannya agar orang lain dapat memaknai pengalaman dari perjalanan yang saya lewati dengan The Extreme Journey ini dan barang - barang yang awalnya dianggap sepele akan jadi lebih berarti karena mengandung cerita didalamnya. Tentu akan menjadi karya yang berbeda karena seperti kita ketahui Indonesia memiliki beragam keunikan yang menjadi khas daerahnya masing-masing sehingga hal yang nantinya ditemukan akan dimaknai menjadi karya yang sangat menarik.

                Akhir kata, memang setiap orang memiliki caranya sendiri untuk melakukan dan bersenang-senang dalam setiap perjalanan yang ia lakukan, tetapi lewat The Extreme Journey ini saya akan membuat pameran, pameran seni perjalanan sehingga perjalanan yang sangat berharga dari The Extreme Journey ini bisa ikut dirasakan oleh orang lain dengan cara mengapresiasi karya seni yang saya buat, karena tidak hanya lewat foto atau tulisan saya akan menyampaikan kesan-kesan saya mengikuti The Extreme Journey ini karya seni pun dapat menjadi cara alternatif untuk menyampaikan pesan dan kesan.           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar